Langgengsari
@Langgengsari
 Langgengsari
 Langgengsaribakery

Pimpinan

Galery

 


Struktur Organisasi Perusahaan

Untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan operasional suatu perusahaan, diperlukan adanya suatu struktur organisasi yang baik agar tiap-tiap bagian yang ada dalam perusahaan dapat mengetahui dengan lebih jelas terhadap kewajiban-kewajiban serta tanggung jawabnya. Dengan adanya hal ini maka kekacauan dalam pembagian tugas dapat dihindari. Masing-masing bagian dapat melaksanakan pekerjaan ataupun tugasnya dengan lebih terarah dan efisien guna mencapai tujuan perusahaan yang telah diciptakan.

Perusahaan roti LANGGENGSARI BAKERY menggunakan struktur organisasi yang berbentuk lini atau garis, dimana setiap wewenang dan tanggung jawab berada pada setiap tingkat, yakni dari yang teratas sampai yang terendah. Hal ini berarti perintah mengalir secara garis lurus atas atau pimpinan turun ke bawah. Sedangkan tanggung jawab bergerak dari bawah ke atas.

Untuk menguraikan secara singkat mengenai tugas dan tanggung jawab untuk masing-masing komponen-komponen yang ada pada struktur organisasi di atas. Adapun tugas masing-masing bagian dalam struktur organisasi tersebut adalah sebagai berikut:

Tugas Direktur Utama

1) Sebagai pimpinan tertinggi di dalam perusahaan, harus dapat memberi pedoman kerja kepada bawahannya dan bertanggung jawab penuh terhadap kelangsungan hidup perusahaan.

2) Meminta pertanggung jawaban setiap bawahannya atas tugas dan kewajiban yang dibebankan kepadanya.

3) Menentukan tujuan perusahaan untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

4) Mengembangkan rencana jangka panjang atau suatu kebijaksanaan perusahaan dalam usahanya meningkatkan penjualan dan laba usaha.

5) Mengangkat atau memberhentikan karyawan, memberikan gaji karyawan.

6) Menentukan jumlah dari macam barang yang akan diproduksi.

7) Bertanggung jawab penuh di dalam perusahaan dengan mengkoordinir para staf pada masing-masing bidang dan memberikan pengarahan dalam melaksanakan tugas sesuai dengan rencana dan tujuan perusahaan.

Tugas Bagian Produksi

1) Mengkoordinir, mengawasi dan bertanggung jawab atas pelaksanaan produksi agar dapat terlaksana secara ekonomis dan efisien.

2) Bertanggung jawab atas terjadinya bahan mentah, bahan penolong, yang dibutuhkan untuk proses produksi maupun produk jadi yang ada.

3) Memberikan laporan produksi kepada direktur utama.

Tugas Bagian Umum

1) Bagian umum mempunyai tugas yang sifatnya hanya membantu bagian mana saja yang memerlukan bantuan. Misalnya pada waktu perusahaan mengadakan pengiriman hasil produksi, maka tugas bagian umum adalah membantu mengusahakan transportasi yang akan digunakan. Selain itu bagian umum dapat juga membantu mengatur roti yang akan dikirim.

2) Membantu bagian pemasaran untuk mengadakan penelitian bila sewaktu-waktu terjadi kemerosotan di dalam pesanan maupun permintaan konsumen.

3) Membantu membersihkan dan membereskan peralatan pabrik yang telah digunakan, untuk dikembalikan di tempat yang semestinya, sehingga memudahkan para pekerja malam yang akan melaksanakan tugasnya dalam memproduksi roti.

4) Membantu bagian produksi mengawasi kualitas dan kuantitas hasil produksi.

5) Bertanggung jawab kepada direktur utama atas tugas yang telah dibebank

Tugas Bagian Gudang

1) Bertugas dan bertanggung jawab untuk mengeluarkan persediaan bahan baku dan bahan penolong bila dibutuhkan untuk proses produksi dan memasukkannya kembali bila terjadi kelebihan.

2) Melakukan administrasi pergudangan.

3) Mengadakan pengawasan dan pengecekan setiap barang yang masuk maupun keluar dari gudang.

4) Bertanggung jawab kepada direktur utama dengan memberikan laporan mengenai persediaan yang ada di gudang.

Tugas Bagian Pembukuan

1) Mengatur administrasi pembukuan dengan baik dan akurat.

2) Menyimpan arsip-arsip dengan baik sehingga bila sewaktu-waktu diadakan pengontrolan

dapat diperlihatkan dengan cepat.

3) Bertanggung jawab atas kelancaran administrasi perusahaan.

4) Mengatur dan bertanggung jawab atas keuangan perusahaan.

5) Memperhitungkan waktu yang tepat untuk penagihan, pembayaran dan penyetoran.

6) Bertanggung jawab kepada direktur utama dengan memberikan laporan keuangan.

Tugas Bagian Pemasaran

1) Mengadakan penjualan hasil produksinya.

2) Menyusun anggaran biaya distribusi, terutama biaya-biaya iklan dan promosi.

3) Mengembangkan produksinya di pasaran serta berusaha menjalankan tugas kebijaksanaan tentang harga roti di pasaran.

4) Membantu dalam melaksanakan program yang berhubungan erat dengan strategi pemasaran yang telah ditentukan oleh direktur utama.

5) Menyusun anggaran penjualan.

6) Bertanggung jawab kepada direktur utama atas segala tugas yang telah dilaksanakan.

7) Memperhatikan keadaan pasar dan perkembangan pemasaran hasil produksi sendiri maupun perusahaan saingan.

8) Berusaha membuka area pasar baru, setelah itu memperhatikan daerah mana yang memiliki pembeli terbanyak.

Tugas Tenaga Pelaksana Produksi

Bertanggung jawab dalam pembuatan kue dan roti atas kualitas dan kehigienisan kepada bagian produksi.

Tugas Unit Kanvas

Adalah kendaraan-kendaraan yang mengangkut barang-barang jadi ke daerah pemasaran.

Catatan

Ingin Usaha Sukses dalam Kebaikan dan bertahan Langgeng selamanya Wajib Rubah Pola Pikir

Merubah Pola Pikir yang NEGATIF menjadi POSITIF! Gampang To! Gitu aja kok rumit! Jauhi Sifat-sifat NEGATIF antara lain sifat agresif,bersaing tdk sehat, egois, tidak Jujur dll MENJADI POSITIF / BAIK! Contoh dari NABI MUHAMMAD SAW ;Shidiq : jujur dan berani, Amanah : dipercaya, Tabligh :bertanggung jawab, Fatonah : mempunyai Kecerdasan serta peduli terhadap lingkungan. Kecerdasan Qolbu/Otak Hati jauh lebih HEBAT dari Kecerdasan Otak Kepala.Dr. J. Andrew ArmourOtak di jantung yang berupa sistem saraf instristik yang kompleks (complex intrinsic nervous system) Otak jantung / Otak Hati memiliki 40.000 sel saraf yg mampu mendeteksi adamya perubahan hormon, zat kimia saraf dan informasi yg berada di jantung, untuk kecepatan menyimpan data, Baca Selengkapnya .

Mengenai modal

Banyak orang batal menjadi pengusaha karena tidak memiliki modal. Sesungguhnya modal itu penting tapi bukan yang utama. Yang utama adalah ide. Uang berapapun tidak akan menghasilkan keuntungan jika tidak memiliki ide. Baca Selengkapnya .

Usaha oh Usaha

Di Indonesia sangat jarang yang ingin menjadi pengusaha sebab imag lama melekat di masyarakat kita enggan menjadi pengusaha, mayorits habis sekolah/ kuliah lalu jadi pekerja yang gak mengandung resiko, menjadi pengusaha karena takut akan bankrut, takut akan tertipu dll. ...Okelah tidak masalah… pertahankan berprofesi sebagai karyawan, tapi tetap sambil berwirausaha/berdagang. coba2 saja belajar, tdk usah malu2 belajar dengan pengusaha yang sukses/mengikuti Seminar dll, naah setelah penghasilan tiga kali lipat baru deh terjun menjadi Pedagang.. GampangTo! yang harus ditanamkan adalah semangat kerja keras,tidak setengah setengah dan Integritas WAJIB! Baca Selengkapnya .

Marketing

Transfer BCA
 
Transfer Mandiri
Flag Counter